Dinyatakan P21,Berkas Dua Kades Tersangka  Korupsi Diserahkan Ke Kejaksaan

LAHAT,Kabarlahat.cok, – Berkas dinyatakan P21  oleh pihak penyidik polres Lahat,Dua Kepala desa Gunung Megang, Kecamatan Jarai, Lahat,Hepi Hajarol dan Pjs Kades Gunung Megang Herpensi  tersangka kasus Korupsi Dana Desa (DD) anggaran tahun 2019,langsung dilimpahkan ke Kajari Lahat.

Pelimpahan ke 2 tersangka Kades ini disampaikan langsung oleh Kapolres lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK.MSi, yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Aan Sumardi, SE,MM di dampingi Kasat Reskrim AKP Hery Setiawan SH.MH, Kanit Pidkor Ipda Hendra SH dan Kasi Humas Iptu Sugianto, di Mapolresta Lahat, Kamis (15/12/22).

Dari hasil audit perhitungan kerugian keuangan negara (PKKN) yang dilakukan Inspektorat Lahat, pada anggaran DD tahun 2019 lalu sebesar Rp. 754.162.000,- untuk pembangunan fasilitas desa berupa pembangunan sebanyak 20 unit rumah sehat. Namun ternyata kedua Kades itu diduga melakukan perbuatan melawan hukum sehingga dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan rencana anggara biaya (RAB) yang akhirnya ditemukan kerugian negara sebesar Rp.422.796.850,

Kabag Ops Kompol Aan Sumardi menjelaskan, kedua tersangka terancam dengan hukuman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp.200.000.000,-

” Kedua tersangka melanggar pasal 2 ayat 1 UU no.31 tahun 1999 Jo UU tahun 2001 Jo pasal 18 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang dapat merugikan keuangan Negara atau perekonomian Negara. Tersangka dan barang bukti dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) dan dinyatakan lengkap,” ungkap Kompol Aan Sumardi. ( KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!