Waspada Covid Varian Baru Masyarakat Diharapkan Patuhi Protokol Kesehatan 5 M 

LAHAT, Kabarlahat.com,-  Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melalui Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat himbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Lahat tetap waspada  terkait penyebaran virus Covid-19 varian baru Varian Omicron XBB dan XBC.Kamis (03/11/2022).

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufiq Maryansyah Putra pada awak media saat gelar kegiatan Validasi dan percepatan vaksinasi Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat tahun 2022.
” Untuk meningkatkan pelaksanaan vaksinasi dan juga berhubungan dengan penyebaran virus baru bagaimana pemerintah Kabupaten Lahat mengambil langkah strategi agar virus varian baru ini tidak menyebar Ke masyarakat,Untuk itu memalui Media di harapkan pada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan 5M,Tetap Memakai Masker dan menjaga jarak,” Ujar Taufiq.
Apalagi sambungnya lagi,hingga saat ini Sudah ada 23 orang Warga masyarakat kabupaten lahat sudah terkena virus Covid-19 Varian baru  Omicron XBB.
” Saat ini sudah sudah 23 orang yang terjangkit virus varian baru Omicron XBB,dan bisa kita lihat sendiri sekarang ini warga kita Sudah jarang yang memakai masker,Tidak ada lagi yang menjaga jarak,bahkan masih banyak yang berkerumun,untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk kembali mematuhi protokol kesehatan,” Beber Taufiq
Sementara itu Ditempat yang sama pada awak media Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Aiwa Marlina,membenarkan bahwa virus Covid-19 Varian baru Omicron XBB Sudah menyebar di kabupaten Lahat.
” Sebenarnya  penyebab virus itu sama saja seperti penyebaran virus Corona tapi subvariannya berbeda-beda,dan bentuknya itu varian baru omicron XBB,virus varian baru ini  penyebarannya cepat tapi penyembuhannya juga cepat,tapi kita harus tetap waspada siapa tahu akan ada  varian baru lagi,” Terang Aiwa Marlina.
Dirinya menghimbau pada warga Masyarakat Kabupaten Lahat agar mempunyai kesadaran masing-masing,jika kurang sehat harus memakai masker,tapi karena Sudah aturan boleh tidak memakai masker di tempat terbuka tapi karena lebih dari dua di haruskan memakai masker.
” Jika ada salah satu orang yang  berkerumun tadi fositive terkena omicron XBB  maka akan cepat sekali penyebarannya,tapi alhandulilah dari angka kesakitan dan kematiannya sangat rendah,tapi Kita harus tetap waspada jika muncul varian baru lebih dari delta akan lebih kacau lagi kita,”Ujarnya.
Sambungnya lagi,saat ini untuk tenaga kesehatan Sudah menjalani vaksinasi Boster tahap kedua atau Vaksin Ke Empat dan tidak menutup kemungkinan akan ada vaksinasi lanjutan untuk masyarakat
” Saat ini baru tenaga kesehatan yang Sudah menjalani vaksinasi tahap ke empat,dan masyarakat sendiri belum,jika Dead (mati) orang Makes duluan yang mati,tapi Alhamdulillah kita tetap sehat-sehat saja,” ungkap Aiwa (KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!