Cik Ujang Bagikan 15 Kloset,Untuk Percepat Desa ODF

LAHAT,Kabarlahat.com,Bupati Lahat hadiri secara langsung kegiatan Percepatan Desa ODF (Open Defecation Free) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan,giat yang berlangsung di Desa Kedaton Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat,Senin (17/10/2022).

Turut hadir dalam giat tersebut  Ketua TP PKK Kabupaten, Lidyawati Cik Ujang SHut beserta rombongan dan didampingi Unsur Tripika Kecamatan serta para Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Pagar Gunung.
Dalam sambutannya, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengatakan,Bahwa  kebiasaan buang air disungai harus segera ditinggalkan, karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan.
” Saya dulu juga biasa buang air disungai sewaktu kecil, karena tinggal di pinggir sungai. Namun karena hal tersebut tidak sehat, buang air sembarangan sudah Bapak tinggalkan sejak lama,” ujarnya.
Lebih lanjut,dirinya tak menampik, jika kebiasaan buang air sembarangan memang sulit untuk beralih buang air di WC, karena sudah menjadi kebiasaan sejak lama.
” Walaupun demikian, jika dibiasaan buang air di WC, buang air sembarangan lama kelamaan akan ditinggalkan, asal ada kesadaran dari diri kita akan pentingnya kesehatan,” tandasnya.
Usai memberikan sambutan dan acara selesai, Cik Ujang SH langsung mengunjungi stand kesehatan serta meletakan batu pertama pembangunan WC, dimana dirinya memberikan bantuan 15 kloset ke masyarakat Desa Kedaton.
Sementara itu ditempat yang sama Camat Pagar Gunung, Marles Yuniardi S.Kom.,MM melalui Kepala Puskesmas Pagar Gunung, Eva Agustina,SKM,Menyanpaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bapak Bupati beserta rombongan.
Dirinya menyanpaikan bahwa bantuan 15 kloset tersebut sangat membantu masyarakat Desa Kedaton.Dimana memang tinggal 15 rumah lagi di Desa Kedaton yang belum mempunyai WC.
“Dengan adanya bantuan 15 kloset dari Bupati Lahat ini, maka 100 persen rumah rumah di Desa Kedaton saat ini sudah mempunyai WC sendiri,” katanya.
Dirinya menekankan pentingnya meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan, karena selain menjaga kesehatan, hal tersebut juga merupakan tindakan pencegahan stunting.
“Dengan adanya bantuan ini,kami berharap 15 rumah yang diberikan kloset untuk dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi contoh bagi desa desa lain di Kecamatan Pagar Gunung,” pungkasnya. (KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!