240 Rumah Tangga Miskin di 12 Kecamatan terima Bantuan Bibit Sayur-sayuran Dari Pemerintah 

LAHAT,Kabarlahat.com,- Bertempat di Gedung pertemuan Pemerintah Kabupaten Lahat Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi oleh Wakil Bupati Lahat H Haryanto,SE.,MM menghadiri secara langsung Focus Group Discusssion (FGD) dan Sosialisasi Gerakan Sumsel mandiri pangan dan Penyerahan Bantuan Benih Padi Inbrida. Senin (26/09/2022).

Turut hadir dalam giat tersebut Sekda Lahat Chandra,SH.,MM, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat Etty Listina,SP.,MM, Unsur OPD Pemkab Lahat,Para Camat Se-kabupaten Lahat,Pimpinan Bank Mandiri Cabang Lahat,Ketua TP.PKK Kabupaten Lahat serta tamu undangan lainnya

Dalam laporannya kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Eti Listina SP MM menyampaikan kegiatan ini rangka menurunkan angka kemiskinan dan pemenuhan gizi keluarga dan gerakan ini akan merubah dari selama ini konsumtif menjadi produktif dengan menggalakkan Pemafaatkan lahan pekarangan.kemandirian pangan di kabupaten Lahat akan di mulai dari kemandirian pangan pada tingkat rumah tangga.

Lanjutnya lagi,Pada tahun 2022 telah dan akan di saluran bantuan kepada rumah tangga miskin (RTM) sasaran gerakan Sumsel Mandiri Pangan ada 240 RTM yang tersebar di 12 desa di 12 kecamatan dan akan di lanjutkan di 12 desa dan 12 kecamatan lainnya sehingga tersebar di 24 kecamatan.

“Selain itu pemerintah kabupaten Lahat juga memberikan berbagai fasilitas bantuan yaitu bantuan benih / bibit tanaman pangan dan holtikultura, pupuk, ternak sapi, kambing ayam bantuan bantuan alat mesin dan lainnya.Gerakan ini langsung bersentuhan dengan masyarakat khususnya petani dan peternak,”Ujar Eti .

Hal senada Bupati Lahat Cik Ujang SH yang sekaligus membuka kegiatan menyampaikan,untuk memanfaatkan pekarangan rumah dan bila di manfaatkan
Apabila kebutuhan pokok bisa terpenuhi dari pekarangan tentunya ini membantu perekonomian dan kita dapat mengkonsumsi gizi yang seimbang .

” Kepada seluruh camat, kades ibu ibu TP PKK di kabupaten Lahat untuk mensukseskan program Sumsel Mandiri Pangan ini kita sosialisasikan kita edukasi agar memanfaatkan pekarangan di lingkungan rumah ini untuk masyarakat dan meningkatkan kemakmuran serta menurunkan angka kemiskinan di kabupaten Lahat,’ Ujar Cik Ujang.

Usai menyampaikan kata sebutannya kegiatan di dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Penerima bantuan oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH.

Terpisah pada awak media Kadis TPPH Lahat melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dian Iskandar SP MSi mengatakan,Bahwa Pemberian bibit sayuran hanya di serahkan untuk para rumah tangga miskin bukan untuk kelompok tani.namun untuk benih padi baru diserahkan pada para kelompok tani.

” Jadi Untuk Bibit sayur-sayuran kita serahkan untuk Rumah tangga miskin yang sudah di seleksi oleh Petugas dan didata oleh Kepala desa setempat, Sementara itu untuk Bibit Benih Padi Baru kita serahkan untuk Para Kelompok tani,” Terang Diam Iskandar.

Lebih lanjut dirinya berpesan pada rumah tangga miskin yang penerima bantuan bibit sayuran mengharapkan,walaupun jumlah bibitnya tidak banyak namun bibit itu harus di pelihara,dirawat,di panen,dan seterusnya.

” Meskipun jumlah jumlah bibitnya sedikit,namun setelah di Tanam harus di pelihara,dirawat dengan baik ,dan jika tumbuh subur bisa terus di Panen,di panen,di panen dan tujuan mereka menanam bibit sayur ini mereka tidak perlu membeli lagi,”Pesan Dian.

“Untuk pemberian bibit sayuran pada tahun 2022 ini kita hanya memberikan untuk 240 Rumah tangga miskin yang ada di 12 Kecamatan di Kabupaten Lahat, Insyaallah pada tahun 2023 mendatang kita juga akan menyerahkan kepada 240 Rumah Tangga Miskin di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat ,”Terang Diam.

Berikut lokasi sasaran GSMP tahum 2022  sebanyak 240 RTM 

1. Kec. Pulau Pinang desa Jati (20 RTM ).

2. Kec. Tanjung Tebat desa Tanjung Tebat (20 RTM).

3. Kec. Pagar Gunung desa Kedaton (20 RTM).

4. Kec. Gumay Talang desa Tanjung Karangan (20 RTM).

5. Kec. Merapi Timur desa Banjar Sari (20 RTM ).

6. Kec. Merapi Selatan desa Perangai (20 RTM ).

7. Kec. Pseksu desa Sukajadi (20 RTM ).

8. Kec. Kikim Barat desa Bandar Jaya (20 RTM ).

9. Kec. Kikim Tengah desa Tanjung Aur (20 RT ).

10. Kec. Gumay Ulu desa Tanjung Raja (20 RTM ) 

11. Kec, Jarai desa Jarai (20 RTM ) 

12. Kec. Muara Payang desa Lawang Agung Lama (20 RTM ) 

Sasaran Tahun 2023 240 RTM 

1. Kec. Tanjung Sakti Pumi desa Pulau Panggung (20 RTM).

2. Kec. Tanjung Sakti Pumu desa Gunung Meraksa ( 20 RTM ).

3. Kec. Lahat desa Makartitama (20 RTM).

4. Kec. Kikim Selatan desa Jaga Baya (20 RTM).

5. Kec. Sukamerindu desa Sukaraja (20 RTM ).

6. Kec. Pajar Bulan desa Bantuan (20 RTM ).

7. Kec. Kikim Timur desa Cecar (20 RTM ).

8. Kec. Kota Agung desa Kota Agung (20 RTM )

9. Kec. Merapi Barat desa Purwo Sari (20 RTM )

10. Kec. Mulak Ulu desa Geramat (20 RTM )

11. Kec, Mulak Sebingkai desa Talang Padang (20 RTM ) 

12. Kec, Lahat Selatan desa Muara Cawang (20 RTM) (KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!