Diduga Nimbun BBM Jenis Solar,Bur Di Gelandang Aparat Hukum

Reporter : Agustoni

LAHAT,Kabarlahat.com,- Bur (73) warga desa Karang Endah Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat harus merasakan dinginnya lantai tahanan polres lahat atas dugaan penimbunan Bahan Bakar Minyak jenis solar.Rabu (07/09/2022)

Informasi yang diterima awak media penangkapan tersangka didasari dengan laporan polisi nomor LP/A-114 / IX / 2022 / Sumsel / Res Lahat, tanggal 06 september 2022.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolres Lahat melalui Kasubsi penmas Polres Lahat Aiptu Lispono,SH

“ Pelaku diamankan atas dugaan penimbunan BBM jenis solar”ujar Liespono

Untuk kronologisnya Dirinya mengatakan bahwa Pada hari selasa tanggal 06 september 2022 sekira jam 16.00 wib bertempat didalam rumah tersangka di Desa Karang Endah Kecamatan Merapi Barat,Team Gakkum menemukan Penyimpangan BBM didalam rumah tersangka ada 10 jerigen berisikan BBM jenis solar , 7 jerigen kosong, 2 corong plastik,2 baskom plastik dan selang plastik.

“Berdasarkan pengakuan tersangka BBM solar tersebut didapat dengan cara membeli dan mengisi kedalam tangki mobil isuzu panther warna abu BG 1147 EL miliknya dan selanjutnya minyak yang ada didalam tangki tersebut disedot dengan menggunakan selang plastik untuk dipindahkan atau dimasukkan kedalam sebuah Jerigen” ujarnya.

Setelah itu, minyak yang ada didalam jerigen tersebut disimpan didalam rumahnya untuk selanjutnya akan dijual dengan harga Rp. 8.000,- / Liter, selanjutnya terhadap barang bukti dan tsk BURLIAN dibawa ke poles lahat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lanjutnya lagi,untuk modus sendiri pelaku membeli BBM dengan cara mengantri di SPBU Kota Raya dengan cara setelah membeli BBM tersebut di pindahkan ke dalam jerigen yang sudah disiapkan, kemudian pelaku melakukan antrian BBM lagi di SPBU Kota Raya secara berulang.

“Dalam satu hari pelaku bisa membeli BBM di SPBU Kota Raya sebanyak 2 sampai 3 kali pembelian dengan setiap kali pembelian sebanyak sekitar 40 Liter BBM jenis Solar dengan harga 6.800 / liter.kegiatan pelaku sudah berlangsung sejak tanggal 04 September 2022.,’ Bener Liespono

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan ditemukannya 2 alat bukti yang sah lanjut Liespono.

” Pada hari Selasa, 06 september 2022 sekira jam 20.45 wib unit pidsus sat reskrim polres lahat dilakukan penangkapan terhadap tersangka BUR guna menjalani Proses lebih lanjut sesuai Hukum yang berlaku” bebernya.(KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!