Aksi Demo Puluhan Warga Desa Padu Raksa Tagih BLT Dana Desa

LAHAT,Kabarlahat.com,- Aksi unjuk rasa terkait adanya permainan dalam penentuan penerima bantuan langsung tunai (BLT) di desa Padu Raksa Kecamatan Kikim timur digelar oleh puluhan massa perwakilan warga Desa Padu Raksa.

Aksi demo yang berlangsung dihalaman kantor pemerintah Daerah Kabupaten Lahat,pada hari Kamis (23/06/2022) pukul 10.00 wib menuntut kepala desa agar membagikan dana BLT yang diduga enam bulan belum di bagikan sejak Januari hingga Juni
Koordinator aksi Bung Nata ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) BAKKI dalam orasinya Menyampaikan,Aksi Demo ini di gelar sebagai bentuk rasa kekecewaan warga desa Padu Raksa Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat,atas apa yang dilakukan oleh pihak pengawasan desa.serta adanya data dan informasi adanya pengurangan kelompok penerima manfaat (KPM),yang di kurangi tanpa ada melalui musyawarah.

” Kami minta pemerintah pusat dan pihak kepolisian agar tidak membiarkan persoalan ini,dan pada Kepala desa agar Dana BLT segera dibagikan sesuai dengan penerima yang sudah ditentukan dari awal,” ujarnya.

Terpisah, Kades Padu Raksa, Hanum Rais, berjanji akan segera mencairkan dana BLT bagi 83 warganya tersebut.Hanya saja, BLT tersebut terhitung sejak Januari hingga Maret 2022.

Sementara untuk April hingga Juni belum bisa dicairkan lantaran proses pencairan bulan Januari hingga Maret belum dilakukan.

“Pokoknya untuk PKM 83 orang akan segera dibayarkan, “ujarnya dihadapan awak media

Dirinya telah mengupayakan pemerataan Namun karena ada persoalan maka pembagian BLT DD sedikit tersendat dan dana tersebut di kembalikan ke rekening.”

Semua dana desa Padu Raksa khususnya dana BLT telah kita Masukan ke dalam rekening,” Terang Kepala desa Padu Raksa.

Terpisah Ari Effendi,SIP Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan mewakili Kepala Dinas (DPMDes) Lahat, menyampaikan,Bahwa Pemkab Lahat sendiri sudah menyalurkan dana BLT ke desa Padu Raksa.tapi untuk pencairan itu merupakan ranah pemerintah desa.

“Sudah kita salurkan tinggal pemerintah desa yang mencairkan bahkan Sudah ada di rekening desa, “Ujar Ari.

Namun Untuk kasus di Desa Padu Raksa sendiri, penyaluran baru dilakukan untuk bulan Januari hingga Maret. Sedangkan, untuk bulan April hingga Juni belum bisa disalurkan karena Pemerintah Desa Padu Raksa belum menyelesaikan yang tahap Januari hingga Maret.

“Desa Padu Raksa ini belum bisa melakukan proses penyaluran bulan April hingga Juni karena yang Januari hingga Maret belum dicairkan.kalau desa ini ingin kembali dapat saluran BLT maka harus clear dulu yang sebelumnya, ” Terangnya.

terkait adanya dugaan pengurangan, pergantian atau penerima BLT yang ganda itu harusnya di selesaikan di musyawarah desa (KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!