Mewakili Bupati Lahat Kepala Kesbangpol Lahat Hadiri peluncuran Tahapan Pemilu 2024

LAHAT,Kabarlahat.com,- Dalam rangka persiapan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 di seluruh Republik Indonesia,hari ini Selasa (14/06/2022) pukul19.00 wib berlangsung peluncuran Tahapan Pemilu tahun 2024. 
Pelaksanaan kegiatan peluncuran Tahapan Pemilu 2024  yang berlangsung secara Daring di Aula Demokrasi Kantor (KPU) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lahat  dihadiri oleh Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam hal ini di wakili oleh H.Surya Desman Kepala Kesbangpol  Kabupaten Lahat,Dandin 0405 Lahat, Perwakilan Kapolres Lahat, Perwakilan Kajari Lahat,Perwakilan DPRD Lahat, Perwakilan Kalapas Klas II Lahat,Perwakilan Kantor Catatan Sipil Lahat,Ketua KPU Lahat beserta Anggota,ketua Bawaslu Lahat beserta anggota,Perwakilan Partai Politik,serta Tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya ketua DPD RI mengatakan,Bahwa dalam rangka peluncuran tahapan pemilu 2024 sesuai dengan pasal 162 ayat 6 undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum menetapkan bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. berdasarkan perhitungan tersebut maka jadwal hari pencoblosan yaitu pada tanggal 14 Februari 2024.
sambungnya lagi,Dan kapan penyelenggaraan paling lambat harus dimulai pada hari ini tanggal 14 Juni 2022 Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terbaik dalam rangka upaya dan kerja keras khususnya KPU hari ini menunjukkan tahapan penyelenggaraan pemilu 2024 tepat waktu Sesuai dengan kesepakatan yakni 20 bulan sebelum hari pemungutan yaitu hari ini Rabu 14 Juni 2022.
” Penghargaan dan apresiasi kami atas peluncuran tahapan pemilu 2024 tepat waktu bukan tanpa alasan dan dasar yang kuat melainkan dikarenakan akhir-akhir ini terjadi pro dan kontra dalam rangka penyelenggarakan pemilu 2024 dan sempat menjadi trending dan pembicaraan di kalangan publik di mana ada wacana yang menginginkan penundaan pemilu dan ada juga ingin tetap pemilu pada 2024,”Kata Ketua DPD RI.
Ketua DPD RI sendiri menyatakan, bahwa menyelenggarakan pemilu 2004 harus sesuai dengan amanat konstitusi dan sesuai dengan semangat demokrasi kita sama-sama menyadari bahwa Indonesia sudah memilih demokrasi sebagai sistem politik yang diamanatkan oleh konstitusi untuk dilaksanakan setiap 5 tahun sekali secara demokrasi.
” Pada kesempatan yang baik ini DPD RI menunjukkan agar penyelenggara pemilu KPU dan jajarannya tetap menegakkan disiplin dan identitas untuk menjamin pelaksanaan pemilu 2024 berjalan secara demokratis jujur dan adil,” Bebernya.
Di samping itu sambungnya lagi diharapkan KPU dan jajarannya diminta untuk memperbaiki pelaksanaan teknik terutama di lapangan agar tidak terulang kembali berbagai persoalan yang telah menjadi pengalaman di masa yang lalu sebagai catatan penyelenggarakan pemilu 2019 yang lalu menyisakan sejumlah catatan khususnya kepada para petugas di lapangan termasuk dari kalangan TNI dan polri,baik itu masalah kesehatan bahkan ada yang gugur dalam tugas pelaksanaan pemilu yang lalu.
” DPD RI juga menyadari pemilu 2024 memiliki membutuhkan anggaran serta sumber daya yang besar Oleh karena itu penyelenggara pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman lancar dalam arti selesai dengan baik pada semua tahapan-tahapan yang telah direncanakan setiap perencanaan yang dimulai dari tahapan persiapan pendaftaran kemudian perhitungan dilaksanakan tepat sesuai dengan waktunya masing-masing aman bahwa pemilu harus aman belajar dari pemilu 2019 dalam rangka membangun kehidupan demokrasi yang lebih baik lagi,”Kata ketua DPD RI diakhir sambutannya.
Dalam sambutannya Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan,bahwa peluncuran tahapan Pemilu 2024 akan menjadi bukti tidak ada penundaan pemilu. Menurut Puan, dimulainya tahapan Pemilu 2024 juga menjadi bukti tidak ada lagi ruang bagi wacana penundaan pemilu.

“Tidak ada pembahasan untuk penundaan. Tidak ada pembahasan untuk mengulur-ngulur, tetapi jelas dari awal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa pemilu setiap 5 tahun sekali,” kata Puan.
Sejak awal, sambungnya lagi, DPR, Pemerintah, KPU, dan banyak elemen masyarakat, sudah berkomitmen pelaksanaan pemilu pada tahun 2024. Namun, dia mengingatkan agar semua pihak tidak memandang pemilu di Indonesia sebagai sekadar mekanisme demokrasi.
“Pemilu di Indonesia tidak boleh kita anggap sebagai rutinitas 5 tahunan saja. Pemilu memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia,” kata Puan.
Kedudukan strategis tersebut, menurut dia, karena pemilu merupakan perwujudan pengamalan sila ke-4 Pancasila, yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyarawatan/perwakilan. Melalui pemilu, lanjut Puan, para pemimpin yang terpilih memperoleh legitimasi dari rakyat, merumuskan dan menyusun berbagai perundang-undangan untuk mewujudkan perikehidupan yang berketuhanan, adil dan beradab, menjaga persatuan, dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pada era demokrasi modern, kata dia, pemilu juga menjadi arena bagi rakyat untuk memilih para pemimpin eksekutif, mulai dari bupati/wali kota, gubernur, sampai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. “Dengan kedudukan strategisnya, hasil pemilu akan sangat menentukan wajah kehidupan berbangsa dan bernegara, setidaknya untuk 5 tahun ke depan,” ujarnya
Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Hasyim Asy’ari usai menyampaikan kata sambutannya  secara  resmi membuka peluncuran tahapan penyelenggaran Pemilu 2024 yang ditandai dengan menekan sirine.

“Pada malam hari ini, tanggal 14 Juni 2022, kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara,” kata Hasyim di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat,

“Dan menurut mandat Konstitusi, dan mandat undang-undang, pada hari ini adalah hari dimulainya tahapan pemilu tahun 2024,”Sambungnya.

Tidak lupa dirinya  meminta dukungan kepada semua pihak yang terlibat agar tahapan hingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar.

“Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri, kami selalu mohon dukungan dari pemerintah, kami mohon dukungan DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.

Terpisah mewakili Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam hal ini diwakili oleh Kepala Kesbangpol Lahat H.Surya Desman mengatakan,Dengan adanya peluncuran tahapan pemilu tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Lahat mendukung dengan harapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 berlangsung dengan Sukses.
” Jadi marilah kita bersama-sama dengan elemen masyarakat, pemerintah,partai politik, penyelenggara pesta demokrasi untuk mensukseskan pemilu tahun 2024 ,” Ujarnya.
Selain itu juga sambungnya lagi, dengan adanya peluncuran Tahapan Pemilu tahun 2024 dirinya menghimbau pada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lahat agar ikut berpartisipasi mensukseskan pemilu tahun 2024 sesuai dengan kondisi masing-masing dan tetap menjaga agar pemilu di Kabupaten Lahat  berjalan lancar dan sukses dan tidak  terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

” Mari kita sama-sama ikut sukseskan pemilu  tahun 2024,dan tetap menjaga agar pemilu di Kabupaten Lahat  berjalan lancar dan sukses dan tidak  terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” Beber  Kepala Kesbangpol Lahat  Surya Desman.(KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!