Jelang Ramadhan Pemkab Lahat Gelar Rapat terkait kebutuhan Pokok Sembako

LAHAT,Kabarlahat.com,- Jelang puasa ramadhan 1443 hijriah tahun 2022 dipastikan harga minyak kemasan premium saat ini sudah tidak seragam seperti dulu,apalagi saat ini Pemerintah Pusat telah mencabut subsidi minyak goreng kemasan premium.hal tersebut di sampaikan langsung oleh kepala Dinas Perindag Kabupaten Lahat Fikriansyah,SE.,M.Si saat menghadiri rapat persiapan jelang puasa ramadhan bersama. Unsur forkompinda Lahat serta OPD Pemkab Lahat,Senin,(28/03/2022)
“Kalau untuk stok migor kemasan mencukupi selama bulan Ramadhan yakni 62.872 liter. Namun semenjak subsidi dicabut, kalau sekarang, harga migor kemasan itu pasti berbeda karena diserahkan murni kepada harga pasar,” kata Kepala Dinas Perdagangan Lahat, Fikriansyah SE MSi.
Hanya saja lanjutnya lagi untuk harga murah ada pada minyak goreng curah dengan harga Rp 14-15 per liter. Namun ketersediannya tidak ada di Lahat. Padahal untuk kebutuhan di Bumi Seganti Setungguan mencapai puluhan ribu. 
“Keperluan curah diajukan kepada Pemprov Sumsel untuk dipenuhi oleh Perdagangan Indonesia. Mudah-mudahan upaya ini dapat menyalurkan minyak goreng curah di Lahat,” beber Fikriansyah. 
Selain itu juga untuk kebutuhan yang saat ini menjadi kendala adalah harga LPG 12 Kg yang melambung tinggi. Jika sebelumnya di pangkalan Rp 160 ribu, sekarang sudah tembus Rp 195 ribu dan untuk di konsumen sudah mencapai harga 210 ribu untuk ukuran 12 Kg.
Sedangkan untuk harga kebutuhan daging masih stabil diangka Rp 130 ribu. Begitu juga dengan kebutuhan pokok lainnya seperti beras dan lainnya.
Sementara itu Kepala Bulog Lahat, Harmein Indra Pohan mengaku pihaknya sudah meminta kembali pasokan beras, gula pasir, daging, dan migor ditentukan oleh pabrik kepala pasar migor,dan puncaknya siap bekerja sama dengan pihak disperindag Lahat terkait kebutuhan minyak goreng  
“Apabila kebutuhan untuk mendistribusikan terkendala, kami siap bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Lahat, untuk mendapatkan minyak goreng atau kebutuhan lainnya. Kami segera melakukan operasi pasar, agar yang penting masyarakat mendapatkan harga sesuai,” katanya. 
Sementara itu Dondon salah satu Distributor sembako Kabupaten Lahat sekaligus pengusaha  Bintang Terang Lahat memastikan Stok untuk kebutuhan sembako  menjelang Ramadhan 1444 H tahun 2022 cukup.
” Kami juga memastikan untuk stok kebutuhan sembako menjelang puasa Ramadhan 1443  di tempat kita cukup,namun untuk Stok minyak goreng Curah kita masih kosong,sedangkan minyak goreng kemasan stok Kita masih ada, apalagi awal April 2022  PPM minyak goreng naik menjadi 11%,Kita tidak bisa mengetahui perkembangan harga Minyak goreng,karena minyak goreng ada PPMnya,” Ujar Dondon (KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!