Peran PKK Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

LAHAT,Kabarlahaylt.com,- Guna menanggulangi kekurangan gizi terhadap anak (Stunting),pada hari ini Senin 21/03/2022)Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidyawati S.Hut menghadiri sekaligus membuka secara langsung pertemuan peningkatan kapasitas petugas promkes dalam rangka meningkatkan peran kader posyandu dalam penanggulangan stunting dinas Kesehatan kabupaten Lahat tahun 2022.

Pantauan awak media pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di aula hotel Calista Kabupaten Lahat.di hadiri langsung oleh Kadinkes lahat yang diwakili, Ketua TP PKK kecamatan dan pengurus TP PKK sekabupaten Lahat serta nara sumber kegiatan dari Dinkes Palembang .

Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidyawati S.Hut menyampaikan,
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang anak balita yang diakibatkan oleh kekurangan gizi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan yang ditandai dengan tumbuh badan tidak sesuai dengan usianya (pendek) .

Kunci pencegahan stunting dan penanganan Stunting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan/ kelahiran (HPK) yaitu dari hari pertama kehidupan. Sehingga perhatian ibu hamil dan balita di bawah dua tahun baik melalui intervensi gizi spesifik maupun intervensi gizi sensitive perlu terus kita upayakan . Dan di butuhkan keterlibatan semua pihak yang berkaitan dan berkomitmen menangani Stunting.
Stunting bukan masalah sektor kesehatan namun juga terkait akses pangan, layanan kesehatan , akses air dan sanitasi serta pola pengasuhan.

“Sebagai duta pencegahan stunting kecamatan sangat di perlukan peran penggerak PKK dalam upaya percepatan penurunan Stunting di wilayah masing masing . Terus berperan aktif membina ketua TP PKK desa/kelurahan , kader PKK kecamatan desa /kecamatan dan ikut kegiatan kegiatan Mensosialisasikan pencegahan stunting, serta inovasi apa yang dilakukan di dalam penanganan Stunting ” ujar Lidyawati Cik Ujang .

“Sehat di mulai dari diri kita sendiri, kalau diri kita sehat, keluarga sehat, lingkungan sehat, desa sehat, kecamatan sehat dan kabupaten Lahat sehat juga anak anak sehat berakhlak mulya dan program Indonesia sehat yang di canangkan Kementrian kesehatan akan terwujud.(KL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!