Ini Kata Cik Ujang Saat Pimpin Rapat Antisipasi penanggulangan Bencana dan Capaian Vaksinasi Di Kabupaten Lahat.

LAHAT,Kabarlahat.com,- Bertempat di Off room Setda Lahat,Bupati Lahat Cik Ujang,SH didampingi oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM menghadiri secara  langsung rapat persiapan penanggulangan bencana dan capaian vaksinasi di Kabupaten Lahat.Kamis  (27/01/2022)

pantauan awak media dalam rapat tersebut selain membahas persoalan penanggulangan bencana alam yang ada di Kabupaten Lahat,rapat tersebut juga membahas tentang capaian Vaksinasi tingkat sekolah dari SMA, SMP, dan SD. Di Kabupaten Lahat.

Selaku pelaksana kegiatan Surya Desman,SIP.,MM Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lahat, Menyampaikan  ucapan terima kasih pada para undangan yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri rapat
” Dalam rapat ini nantinya akan membahas mengenai antisipasi terjadinya bencana alam serta capaian vaksinasi di Kabupaten Lahat.”ujarnya
Sementara itu ditempat yang sama Kepala BPBD Kabupaten Lahat Drs H. Ali Afandi,M.Pd.I dalam laporannya menyampaikan bahwa sehubungan dengan Kabupaten Lahat yang terletak pada jalur bukit barisan yang mempunyai kontur wilayah perbukitan dan pegunungan sehingga mempunyai daerah yang rawan akan banjir dan tanah longsor.


” Oleh karena itu dalam rangka menangani dan antisipasi terhadap bencana dengan koordinasi bersama OPD terkait yang berharap up date data dari BMKG dan Geologi sehingga dapat mengantisipasi sehingga dapat mengurangi dampak yang di timbulkan,” Beber Ali Afandi.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik M.Putra memyampaikan untuk penanggulangan bencana sudah menyiapkan ambulan dan tim dokter serta obat-obatan kalaupun ada kejadian bencana.
Adapun untuk vaksinasi pada saat ini di Sumatera Selatan Kabupaten Lahat sudah mencapai untuk dosis pertama 88 % dan dosis kedua 45,2% serta booster 0,7%.

“Kami sampaikan bahwa pada saat ini yang menjadi prioritas adalah vaksin untuk anak-anak yang baru mencapai sekitar 60% dan kami berharap suport dukungan dari semua pihak untuk target capaian vaksinasi di Kabupaten Lahat.”harapnya.

Disampaikan juga oleh Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto,SIK menurutnya rapat pada hari ini sangat bagus sekali digelar,selain untuk memberikan masukan-masukkan guna antisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Lahat dikarenakan adanya curah hujan yang bisa dikatakan setiap hari datangnya.

“Saya hanya memberikan saran untuk mendirikan posko untuk masalah bencana alam akan tetapi jika sudah ada tinggal kita mempelajari teknisnya saja. Kemudian untuk vaksin ditingkat anak bagaimana tim kesehatan langsung saja datang ke sekolah tidak tergantung menunggu jadwal karena minimnya pengetahuan orang tua anak akan manfaat vaksin ini.”ujarnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam arahannya mengatakan,Kabupaten Lahat ini sering terjadi setiap tahunnya banjir dan longsor.Oleh sebab itu kepada seluruh pihak yang terkait untuk mendirikan posko.Posko ini bentuk di Tengah-tengah di wilayah dalam Kecamatan tersebut yang nantinya juga akan dibentuk Tim, supaya jika terjadi longsor diwilayahnya bisa cepat tanggap untuk meluncur ke lokasi. 

“Banjir dan tanah longsor ini sering terjadi maka dari itu kepada para camat dan OPD terkait harus siap dan cepat tanggap serta segera berkoordinasi bersama pihak-pihak lainnya. Apa bila terjadi longsor cepat menghubungi posko yang ada di sana dan bekerjasama dengan Kades.Untuk Vaksinasi kepada Dinas Kesehatan harus bekerjasama dengan Forkopimda, untuk vaksinasi tingkat sekolah,” Ujar Cik Ujang.
Hadir dalam rapat tersebut unsur OPD Pemkab Lahat,Forkompinda Lahat,Camat sekabupaten Lahat,serta tamu undangan lainnya.(Ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!