Terlibat Kasus Penambangan Pasir Tak Berizin Dua Kades Di Tangkap Unit Pidsus Polres Lahat

LAHAT,Kabarlahat.com,- Dua Kepala desa masing-masing desa Saung naga dan desa Penantian kecamatan Kikim barat diamakan unit pidsus satreskrim polres Lahat atas dugaan kasus penambangan pasir tak berizin (PETI).Informasi yang diterima awak media penangkapan terhadap tersangka Safarudin Kades Saung naga dan tersangka Susanto Kades Penantian berlangsung pada hari Kamis 23 September 2021 sekitar pukul 10.30 wib,sementara untuk penangkapan tersangka Susanto berlangsung pada pukul 12.30 wib di hari yang sama.

Pada awak media ini Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono,SIK di dampingi Kanit pidsus Ipda Chandra Kirana,SH membenarkan adanya penangkapan terhadap dua orang kepala desa atas dugaan penambangan pasir tak berizin.

” Iya..benar anggota kita telah meringkus dua orang kepala desa tersebut atas dugaan kasus penambangan pasir tak berizin,”Terang Kapolres Lahat.

Sebelumnya lanjut Kapolres Lahat menambahkan, anggotanya menerima laporan adanya (Pertambangan Tampa ijin) di Wilayah aliran sungai Air Pangi Desa Saung Naga dan Desa Penantian Kecamatan Kikim barat kabupaten Lahat. “Berbekal informasi tersebut, Selanjutnya Tim mendatangi dua TKP tersebut dan benar adanya dilokasi tersebut ada kegiatan pertambangan berupa Pasir yang disedot dari sungai menggunakan alat berupa mesin DOMPENG kemudian dialirkan melalui pipa ke daratan yang disaring kemudian dimasukkan kedalam mobil-mobil yang siap mengangkut hasil galian c (pasir) tersebut,”Ungkap Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono,SIK.

Saat ini sambungnya lagi,kedua tersangka masing-masing Safarudin dan Susanto telah kita amankan guna proses hukum lebih lanjut.

” Kedua tersangka ini telah melanggar Pasal 158 UU No.3/2020 ttg perubahan UU No.4/2009 ttg Minerba,untuk aktifitas penambangan telah mereka lakukan hingga saat ini berjalan selama 2 tahun,dan kedua tersangka telah kita amankan untuk proses hukum lebih Lanjut,”Tutup Kapolres Lahat.(Ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Don`t copy text!